Selamat Bergabung

Kadang-kadang usilnya nggak ketulungan..tapi kadang-kadang,jahilnya kebangetan.Penuh canda tawa,suka duka dan kebersamaan diantara mereka selama 3 tahun ini.Dibumbui kisah persahabatan dan juga percikan asmara.Bagaimana jadinya?

Banner this blog

Sabtu, 07 Januari 2012

Warna-Warni Kisah Putih Abu-Abuku JILID #41


“Hai Bob, Ling!” Sapa Vicko penuh senyuman pepsodent di depan kami berdua.
Dengan gelagapan yang sekilas mirip Azis Gagap, gw dan Aling membalas senyuman Vicko dengan senyuman sabun Ekonomi.

“Makin mesra aja nih kalian berdua.”

“Hah? Gitu yah?” Tanya gw lega. Untungnya ternyata dia nggak denger percakapan kita bedua tadi. Hihihi.
Setelah mengatakan hal itu, Vicko pun langsung melenggang berjalan ke dalam kelas. Sementara itu, suasana yang canggung terjadi antara gw dan Aling. Bergegaslah kita berdua berpisah tanpa mengucapkan sepatah katapun. Malu-malu anjing buldog gitu. Hehe.

Sesampainya di kelas, suasana udah riuh, dimana-mana udah saling minjem pr. Untungnya gw udah ngerjain semalem, jadi santai aja gitu.

“Bob, lu udah ngerjain belum PR Matematikanya Bu Delfi?” Tanya Reo penuh harapan.

“Udah. Emangnya kenapa?”

“Gw pinjem dong.” Ujarnya tanpa basa-basi lagi.

Gw pun merogoh isi tas gw dan mencari-cari buku pr gw di dalem tas yang isinya hampir mirip dengan tong sampah itu.

“Ini.” Ujar gw sambil memberikan buku pr itu.

Melihat yang lain sibuk mengerjakan prnya, gw pun langsung membuka handphone gw dan dengerin musik. Padahal tuh headset, salah satunya nggak nyala lagi. Hihihi. Tak lama, Reo muncul di depan gw secara mendadak, ibaratkan pocong di film-film yang nakutin pemain filmnya itu. Gw pun ngebuka headset gw karna penasaran dengan sikap Reo yang begitu grasak-grusuk.

“Lu salah ngerjain. Bukan no.1-4, tapi no.4-10.”
“Hah? Sumpah demi kucing angora kesayangan lu kalau lu boong?”

“Gw mana punya kucing angora, kucing kampung sih ada di rumah. Tapi gw serius Bob, beneran, sumpah dah yakin.”

“Wah.. Mati deh gw, kalau gitu, gw baru ngerjain nomor 4 doang dong. Waduh, minjem punya siapa lagi nih.”

Gara-gara si Papis kembang kempis nih, ngasih info yang nggak jelas, kemarin kan gw lagi di toilet waktu Ibunya kasih tahu ada pr. Jadi gw dikasih tahu sama si Davis. Eh taunya infonya menyesatkan. Kampret nih si Davis. Mana bentar lagi udah mau bell lagi.

Dari pintu masuk, datanglah Fora yang jalannya lebih mirip Jackie Chan daripada seorang wanita. Eh, berhenti dulu deh ngata-ngatain si Fora, situasi sedang gawat darurat tingkat emergency.

“For!!!” Teriak gw membahana dari tempat duduk gw.

“Iya kenapa?” Tanyanya dengan senyum sabun colek.

“Pinjem PR MTK lu dong.”

“Lah, emang lu nggak ngerjain? Males nih anak Aliong.”

“Gw salah ngerjain, harusnya kan dari nomor 4-10 nah gw ngerjain dari nomor 1-4 doang.”

“Dasar anak rajin, saking rajinnya, mau ngerjain dari nomor 1.”

“Udah.. Ceramahnya entar aja For, mau ngerjain nih. Bentar lagi masuk.”

“Ini.”

“Makasih yah anak Yungthat.”

Kebiasaan yang kurang baik sih ngata-ngatain nama orangtua, tapi gimana lagi yah, semuanya emang rata-rata kayak gitu. Hehe. Itung-itung bales dendam juga. Hehe.

“Dasar. Udah dipinjemin baru ngatain.”

“Iya dong, kan orang pintar minum tolak angin.”

“Apa hubungannya, gih buruan catet sana, kalau ampe ga kelar, bisa dimakan idup-idup lu ama Bu Delfi.”

“Iya bawel.”

Berhubung waktu udah sempit dang w masih sempet-sempetnya ngobrol ama Fora, maka hancurlah tulisan gw. Jadi mirip ama tulisan dokter, namun dalam versi yang lebih baik sedikit. Padahal biasanya tulisan gw juga ancur lebur mirip cakar ayam. Hihii.

Bel sekolah berbunyi bertepatan dengan soal terakhir yang gw jawab. Tuhan memang Maha Adil, pengertian banget ama gw. Thanks God.

Seperti biasanya, saat bell sekolah berbunyi, tak lama kemudian Bu Delfi akan segera masuk ke kelas, padahal anak-anak sekelas berharapnya lebih lamaan dikit masuknya. Yah, Bu Delfi orangnya on time, jadi susah kalau berharap dia ngaret.

“Siap. Beri salam.” Perintah Vicko lugas sebagai ketua kelas.

“Pagi Bu.” Ujar kami serentak dengan nada berirama. Tahu nggak kenapa setiap sekolah, kalau kasih salam pasti lama nadanya, soalnya kalau cepat nadanya, maka ga bakalan kompak, jalan satu-satunya, maka dilamain nadanya biar serempak.

“Pagi juga. Sekarang langsung kumpulkan pr kalian di depan meja barisan kalian masing-masing. Ibu harap semuanya mengerjakan dengan baik dan tanpa nyontek.”

Senyum-senyum licik mengembang satu kelas, soalnya rata-rata pada nyontek semua sama anak yang lebih pinter. Budaya ini emang susah di ilangin untuk anak sekolahn, namanya juga PR, wajar dong kalau kerjasama, setuju apa setuju?

“Sekarang barisan pertama tukar dengan baris ketiga, baris kedua tukar dengan baris keempat.”

“Baris ketiga ama baris keempat tukar sama siapa Bu? Yang disuruh tukar kan baris pertama ama baris kedua doang Bu.” Ferdi mulai ngelawak lagi. Ibu Delfi yang sudah mulai biasa dengan lawakan Ferdi pun nggak ambil pusing lagi.

“Ibu minta, 7 orang maju ke depan untuk mengerjakannya.” Kalau gini sih biasa aja, iya nggak. Tapi gimana kalau majunya tanpa buku? Waduh, ini berita gawat darurat bin emergency. Ketahuan dong nyonteknya entar. Anak-anak lain mulai grasak-grusuk. Kini yang bisa kami lakukan hanyalah berdoa agar kami nggak masuk dalam 7 orang ‘beruntung’ itu.

“Kalau yang Ibu minta maju ternyata nggak bisa ngerjain soal di depan tapi jawaban di bukunya benar, maka Ibu akan  ‘hadiah’ untuk mereka.” Bener-bener cilaka 99 nih, hadiahnya itu pasti dalam tanda kutip. Ibunya pinter nih buat ngebongkar kedok anak-anak sekelas. Mungkin biar jadi pembelajaran juga yah, kalau pun nyalin PR orang, seenggaknya di mengerti dulu. Jadi kalau ada soal selanjutnya pasti bisa ngerjain. Tapi berhubung waktu mepet, boro-boro mau di mengerti, waktu nyatetnya aja pas-pasan. Hihi.

Seperti hendak menunggu daftar karyawan yang akan di PHK, kelas mendadak berubah menjadi senyap dan penuh ketegangan. Senyum masih bertebaran di seluruh kelas, jika anak-anak pinter senyumnya senyum pepsodent atau senyum close up, maka senyum anak-anak yang tadi pagi nyontek tanpa di mengerti memiliki senyum sabun colek.

Ibu Delfi pasti nggak akan milih orang-orang pinter semisal Hanni, Ventory atau Chandra Jaya. Pasti Ibu Delfi milih cowok semua, soalnya kebanyakan yang nyontek pasti cowok-cowok.

“Ita Natalia, Kepin Emanuel, Reonalgen Christian, Vicko Silvando, Liliawati, Suandi, dan Lieta maju ke depan.”

Langsung ngakak lagi sekelas saat Ibunya manggil Kevin dengan sebutan Kepin, Kevin pun terlihat agak gusar karna berkat pelafalan namanya satu kelas dibuat ngakak nggak karuan.

“Kevin Bu.. Bukan Kepin.” Hihihi.. Ada-ada aja nih Kevin.

Tapi Meleset nih perkiraan gw, gw kira bakalan cowok semua, ternyata hampir sama rata, walaupun yang cowok yang lebih banyak satu daripada yang cewek, yang ditunjuk sama Bu Delfi yang biasanya pernah buat onar. Gw lihat muka Kevin panik banget, gw lihat lagi si Ita, ternyata nggak kalah panik.

“Gimana nih Bob?” Tanya Kevin pada gw dengan ekspresi mukanya yang masih sama paniknya.

“Gw nggak bisa bantu kali ini Vin.” Gw berujar lirih dengan tampang polos penuh dosa.

Si Ita akhirnya maju duluan mengerjakan soal nomor 4. Menyusul berturut-turut yang lainnya, sesuai dengan urutan yang di sebutkan oleh Bu Delfi tadi. AKhirnya satu papan tulis itu di isi oleh 4 orang, 3 yang lainnya, siapa lagi kalau bukan Kevin, Reo ama Vicko.

Keempatnya mulai menuliskan sesuatu dengan menggunakan kapur di blackboard. Wuih, lancer bener nulisnya. Kayaknya mereka berempat dapet ilham nih. Tak lama setelah menulis, Kevin, Reo ama Vicko ngelirik ke arah gw meminta dibantu dengan menggunakan lafal mulut tanpa suara. Mumpung Ibu Delfi juga lagi ngobrol ama Bu Erma yang kebetulan ngajar kelas sebelah.

“Loh, itu kan lu pada udah nulis jawabannya kan?” Tanya gw keheranan.

“Itu soalnya.” Lafal keempatnya menggunakan mulut mereka. Gubraks!! Gw kira mereka lagi nulis jawabannya. Wah, pinter juga nih trik, biar kelihatan ama Bu Dlfi kalau mereka lagi nulis jawabannya. Hihihi..

Gw pun mulai ngelirik kertas jawaban yang gw pegang, dan ternyata itu punyanya Hanni. Wah kebetulan banget nih. Gw mulai ngebacain jawaban soal nomor 2 untuk Kevin.

“Heh.. Bobby.. Kamu mau dihukum ngasih tahu jawaban ke Kepin.” Suara Bu Delfi membahana satu kelas, semua orang jadi ngelirik ke arah gw semua, termasuk Ibu Erma yang ada ngintip-ngintip dikit ke kelas gw.

to be continued ...

baca juga chapter sebelumnya.. 

0 komentar:

Posting Komentar