Selamat Bergabung

Kadang-kadang usilnya nggak ketulungan..tapi kadang-kadang,jahilnya kebangetan.Penuh canda tawa,suka duka dan kebersamaan diantara mereka selama 3 tahun ini.Dibumbui kisah persahabatan dan juga percikan asmara.Bagaimana jadinya?

Banner this blog

Rabu, 21 November 2012

Warna-Warni Kisah Putih Abu-Abuku Jilid 46 : KEHANGATAN KELUARGA

Ujian kenaikan kelas tidak akan lama lagi, hanya seminggu lagi. Gw ama temen-temen yang lain mulai belajar dengan serius. Walaupun sebenernya nggak semua. Karena kalau di sekolahan gw, khususnya jurusan gw, Akuntansi, itu jarang banget ada yang nggak naik kelas.
Setahun ini, sudah banyak yang terjadi di antara kami semua. Gw di sini bisa dapet banyak temen baru yang klop ama gw. Walaupun terkadang mereka bisa buat gw kesel, tapi kalau nggak ada mereka, hidup gw pasti juga bakalan sepi banget. Dengan gini, gw nggak nyesel udah milih sekolah gw ini sebagai lanjutan pendidikan gw dari SMP.
Menjelang ujian, gw udah coba buka buku-buku pelajaran di rumah saat ada waktu luang. Nyokap gw aja ampe nggak percaya dengan perubahan positif gw ini.. Asyekkk…
“Tumben-tumbenan Bob kamu bisa buka buku.”
“Iya Ma. Seminggu lagi, aku kan udah ujian kenaikan kelas. Jadi kalau Bobby pengen masuk juara 10 besar di kelas, Bobby mesti rajin belajar. Semester lalu kan Bobby Cuma dapet ranking 13. Padahal, Bobby kira bisa lebih.”
“Oh gitu. Ya udah, Mama nggak akan ganggu kamu lagi. Lanjutih gih belajarnya.”
“Siipppp deh Ma.” Ucap gw sambil mengancungkan jari jempol gw. Nyokap hanya bisa tersenyum ngeliat tingkah gw. Mungkin dalem atinya nyokap gw, dia bangga kali yah ama gw.
Satu minggu kemudian.
Ujian pertama gw itu pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Yang pastinya kalau pelajaran teori kayak gini banyak hafalan banget. Gw aja ampe bingung mau belajar dari mana terlebih dahulu. Akhirnya gw mutusin untuk nanya ke Irwan aja, karna menurut gw, dia doang di antara temen cowok gw yang waras kalau dalam soal pelajaran. Kalau yang lain mah, banyak kongtewliawnya (becanda-red).
“Wan, IPA lu belajar yang mana teorinya?”
Beberapa saat kemudian, handphone Nokia 7610 gw bunyi menandakan balasan sms dari sohib gw itu.
“Gw lagi ga ada di rumah Bob. Gw lagi keluar maen PS. Habis maen PS aja gw belajarnya, nanggung banget abisnya. Wkwkkk”
Ett dah, baru aja gw muji tuh anak lebih waras dikit. Tau-taunya dia malah asik maen Pe Es di deket rumahnya itu. Kalau begini, masa gw mesti nanya ke Kevin atau Reo yang emang biasanya belajarnya tuh menit-menit terakhir sebelum masuk ujian.
Akhirnya gw putusin buat kasih stabiloin aja bagian-bagian penting dari catatan serta LKS gw. Kurang lebih setelah sepuluh menit, kerjaan gw selesai. Belum buka buku sama sekali, nyokap gw manggil buat makan bubur kacang ijo. Nah kalau udah berhubungan ama kacang ijo, gw nggak bisa tahan, gw langsung meluncur ke dapur.
Dari teko panci yang masih di atas kompor, terlihat kepulan asap dari kacang ijo yang baru meteng. Aromanya melelehkan sukma dan menggetarkan jiwa. Hihihi.
“Mama nih, aku kan lagi belajar, malah digodain untuk makan.”
“Tadi pagi, siapa coba yang minta mama masakin kacang ijo, kamu sendiri kan?”
“Oh iya. Lupa Ma.” Ujar gw terkekeh, sementara nyokap gw mandangin gw dengan ekspresi seolah-olah gw yang salah. Yah emang iya sih.
Nggak lama kemudian, hujan malah turun dengan lebatnya. Enak banget neh, makan bubur kacang ijo yang masih anget di tengah cuaca yang dingin. Nggak lama kemudian, 2 kakak gw pun datang ngambil mangkok.
“Gw duluan yah, kalian berdua ngantri.” Ujar gw langsung to the point.
“Iye, lagian siapa juga yang mau nyerobot antrian. Geer banget sih.” Sahut kakak cewek gw seperti biasanya.
Sementara cici gw berkicau sewot seperti itu, ekspresi koko gw datar seperti biasanya. Ia malah meletakkan mangkoknya di meja makan dan lantas pergi berlalu. Sikap dan ekspresinya persis dengan kondisi yang lagi ujan saat ini.
Nggak lama kemudian, nyokap langsung ngambil mangkok gw dan mengambilkan kacang ijo dari dalam panci dengan menggunakan centong. Saat gw nerima dari nyokap, gw mendadak ngelepasin tuh mangkok, alhasil, mangkok itu jatuh dan langsung pecah terbelah di lantai.
Pecahan belingnya langsung mengenai kaki nyokap gw. Untungnya kaki nyokap gw nggak apa-apa. Cici gw langsung nyalahin gw.
“Ati-ati dong Bob. Ampe mecahin mangkok gitu. Makanya jangan terlalu nafsu.”
Mendengar pecahan beling seperti itu, koko gw, Randy, langsung ke dapur segera. Ia menarik nafas lega begitu mengetahui kami semua baik-baik aja. Koko gw lantas langsung ngambil sapu dan tempat sampah dekat dapur. Dengan hati-hati ia menyapukan beling yang berseliweran di lantai ke dalam tempat sampah.
“Lain kali, hati-hati yah Dek.” Ujar koko gw dengan nada sedikit khawatir. Gw hanya bisa mengangguk begitu koko gw ngomong kayak begitu.
Akhirnya, koko gw juga yang ngambil kacang ijonya ke dalam mangkok. Kemudian di hariyang gelap itu, kami sekeluarga menikmati sajian bubur panas anget.
Keesokannya.
Bukannya langsung mandi dan bergegas menggunakan seragam sekolah, gw malah langsung buka tipi di ruang keluarga. Buat menyaksikan liputan pertandingan euro semalam.
Gw, Irwan, Martin dan Kevin sudah bertaruh sebelumnya. Masing-masing memilih 4 tim untuk dijagokan. Apabila tim yang kita pilih masuk 8 besar, sudah dihargain 10ribu rupiah, sementara kalau masuk 4 besar, dapet 10 ribu lagi untuk masing-masing tim. Apabila timnya jadi jawara, maka akan dapet 10 ribu lagi.
Sebenernya iseng-iseng aja sih taruhan kayak gini. Dan gw tau juga sebenernya nggak baik. Makanya gw nggak kasih tau nyokap. Tapi yang namanya anak muda kayak kita orang, sekali-kali nggak apa-apa kali yah. Hihihi..
Gw sebenernya juga nggak terlalu suka bola, tapi semenjak taruhan bola, gw jadi ngikutin berita seputar bola, dari mulai nonton di TV sampai dengan beli majalah bola. Beserta poster-posternya. Nyokap gw aja ampe heran ngeliat pernak-pernik kamar gw yang sekarang penuh dengan poster bola.
Melihat berita bola pagi hari ini. Jagoan gw hanya bisa seri dengan jagoannya Kevin. Tapi gw sedikit lega, akrna tim gw ini bukan tim yang diunggulkan, sedangkan tim yang Kevin pilih itu, tim unggulan Belanda.
Setelah liputan di televise itu selesai, gw baru bergegas ke sekolah. Sementara cici gw aja baru bangun. Sedangkan koko gw udah siap sedari tadi. Ia pun udah pergi duluan dijemput temennya.
Selesai mandi, gw sempet-sempetin buat belajar sedikit lagi. Seenggaknya, semalem gw udah afalin ampe tenggorokan gw sakit. Yah, kebiasaan gw emang gitu. Kalau ngafalin pelajaran, pasti pake suara keras, ampe-ampe, koko gw yang sekamar ama gw cabut dari kamar dan belajar di teras rumah. Hihihi..
Segera sampai di sekolahan, bukannya langsung masuk ke kelas, gw langsung menuju ke papan mading yang terletak deket kantor. Smapai di sana, 3 serangkai, Kevin, Irwan dan Martin udah ada di sana duluan.
“Sialan. Samaan lagi skornya ama Bobby.” Gerutu Kevin dengan nada kesal.
“Dewi Fortuna masih setia di samping gw Vin.” Ujar gw terkekeh merasa sedikit di atas Kevin.
“Untung jagoan gw menang dari Martin.” Sambung Irwan lagi.
“Gw yang lagi apes. Udah tim kalah, gw belum belajar lagi.”
“Iya, gw juga.” Ujar Kevin dan Irwan kompak.
“Untung gw udah belajar.” Kelakar gw bangga. Mereka bertiga secara estafet langsung melihat ke arah gw.

0 komentar:

Posting Komentar